Bahasa Jepang

 

Aku berkenalan dengan dunia Jepang sudah dari kecil. Dulu kenalnya bukan dari dunia nyata ataupun maya (internet) tapi dunia maya lewat komik dan anime Jepang yang ditayangkan di TV. Yah walaupun sejarah negeri kita kelam ketika Jepang masuk, tapi dunia ini tidak ada hubungannya dengan itu. (Tidak bermaksud menyinggung ya 😊)

Berarti aku sudah berkenalan dengan dunia maya jepang selama sekian tahun ya (rahasia umur). Sampai sekarang aku masih suka baca komik dan nonton dorama ataupun anime Jepang. Kupikir kenapa aku tidak sekalian belajar bahasanya ya? Penasaran kenapa mereka ngomong begini begitu, kok artinya ini itu dan banyak akhiran das des atau mas mis mus masen-masen atau nai-nai kalau ngomomg. Elabadalah…begitu toh. (Malu sama kucing) 😽

Dan akhirnya aku mulai belajar otodidak sebulan yang lalu…maaf ya baru sebulan. Huhuhu… Untuk belajar bahasa Jepang aku belajar pakai aplikasi Obenkyou yang ada di android dan juga aplikasi (jurnal) dari Tae Kim. Sedikit berbeda kalau belajar dengan metodenya Tae Kim yang belajarnya mulai dari bahasa anak-anak atau bahasa anime yang sering kita tonton. Dulu aku pernah belajar bahasa Jepang di sekolah hanya beberapa saat dan itu pakai bahasa sopan dan sangat sopan, jadi membosankan dan aku tidak melanjutkannya sampai sekian tahun.

Kalian bisa melihat situsnya Tae Kim Guide to Japanese

Sekarang aku jadi mengerti susunan kalimat yang memang dipakai sehari-hari. Inget loh yah, aku baru belajar sendiri 1 bulan kemarin, jadi ya maaf-maaf kalau rada kacau.

Lalu biar bisa lebih percaya diri dalam menulis, aku menuliskan jurnal di Lang-8.com

Itu adalah tempat untuk kita menulis jurnal dalam berbagai bahasa yang kita minati dan jurnal yang kita tulis akan direview oleh native speaker dari bahasa yang kita pelajari. Seru banget karena orang Jepang yang ada disitu banyak banget dan mau membantu memperbaiki jurnal kita. Gratis lagi. Seru kan!

Dan untuk aplikasi lainnya ya aplikasi-aplikasi kamus atau permainan bahasa Jepang. Dibuat seru pokoknya, apalagi gratis…lalalalaa~~

Gitu deh, jadi lebih semangat!

Selanjutnya aku mau nulis tentang belajar bahasa Jepang versi Tae Kim dalam bahasa Indonesia. Sebenernya ini untuk aku sendiri dalam mengingat apa yang dipelajari.

“Ikatlah ilmu dengan menuliskannya” – Imam Ali

%d bloggers like this: